Misteri Suku Bunian, Suku Gaib Asal Kalimantan

Ilustrasi Orang Bunian

Bila kamu berkunjung ke Kalimantan, tepatnya di Kalimantan Barat pasti tidak akan asing mendengar suku bunian. Konon, suku bunian adalah suku gaib yang memiliki kesaktian dan suka membantu manusia.

Berbeda dengan makhluk halus lainnya, Bunian justru lebih sering terdengar dengan cerita yang baik. Seperti membantu manusia yang tersesat atau memberikan petuah bagi manusia. Tapi meski begitu, orang bunian juga terkadang suka berbuat jahil pada para manusia. Berikut adalah fakta-fakta mengenai orang Bunian yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

Tinggal di Hutan

Bagi masyarakat Kalimantan pasti sudah tidak asing dengan Bunian, mereka diyakini tinggal  ditempat yang tidak terjangkau oleh manusia seperti di pedalaman hutan, tepian sungai, bahkan sampai tinggal di gunung.
Bunian adalah salah satu makhluk yang tak kasat mata. Menurut beberapa sumber yang pernah melihat keberadaan mereka, orang bunian di yakini memiliki sistem seperti manusia,  seperti berjualan, menikah, bahkan ada pula yang mengatakan mereka mempunyai kerajaan yang dipimpin seorang raja.

Mempunyai kesaktian dan suka membantu manusia

Menurut masyarakat Kalbar, ada banyak cerita terkait dengan keberadaan orang bunian. Mereka dikenal memiliki kesaktian dan sering membantu manusia yang tersesat, bahkan sampai terjun langsung ke medan perang.

Contohnya yang terjadi pada perang Sambas, Banyak orang percaya jika perang antar etnis ini dibantu dengan orang-orang bunian. Konon, mereka melibatkan diri ke medan perang karena mereka merasa bertanggungjawab untuk menjaga tanah kelahiran mereka. Dan tentunya mereka dianggap sakti karena bisa terbang dsb.

Ciri Khas

Setiap makhluk pasti memiliki ciri khas yang terdapat pada tubuhnya. Seperti orang bunian ini misalnya, namun secara general mereka sangat mirip dengan manusia. Jadi ya mereka berbadan tegap dan berjalan dengan 2 kaki seperti kita.Tapi bukan berarti tidak bisa membedakan antara manusia dengan bunian.

Salah satu ciri khas yang menonjol pada orang bunian terdapat pada daerah wajah. Orang bunian tidak memiliki garis garis tegak antara bibir atas dan bawah hidung, mereka juga memiliki alis yang saling menyambung. Jadi, jika seseorang melihat/bertemu dengan orang yang memiliki ciri diatas, maka bisa dipastikan jika orang itu adalah orang bunian.

Bunian juga suka menggoda / menyesatkan manusia

Meskipun sering terdengar cerita jika mereka itu baik dan senang membantu manusia, namun ada pula cerita yang mengatakan jika mereka itu juga suka menggoda dan menyesatkan manusia. Konon, mereka ini amat menyukai manusia. Mereka akan melakukan apapun untuk bisa membawa manusia ke dunia mereka.

Menurut cerita, cara menggodanya pun terbilang sangat unik. Diantaranya orang yang ingin di bawa bunian akan di perlihatkan sebuah pemandangan yang bagus. Ada pula yang mengatakan jika mereka akan menunjukkan gadis-gadis cantik.

Menurut cerita, mereka yang terjebak di dunia bunian tidak akan bisa kembali ke dunia manusia. Mungkin bisa jika dipaksakan, namun konon korbannya akan menjadi gila jika di bawa ke dunia manusia.

Bunian tidak hanya ada di kalimantan

Meskipun bunian identik dengan kalimantan, namun ternyata orang bunian tidak hanya ada di kalimantan. Mereka juga diyakini berada di Minangkabau. Yang lebih mengherankan, orang bunian yang ada di kalimantan atau di minagkabau memiliki ciri khas yang sama.

Mereka dianggap tinggal di hutan, senang menjebak manusia untuk dibawa ke dunianya, serta mereka juga terkadang senang membantu manusia.


0 Response to "Misteri Suku Bunian, Suku Gaib Asal Kalimantan"

Post a Comment