Makhluk Mitologi yang Diceritakan Dalam Kitab Suci Islam



Di dunia ini ada banyak sekali makhluk yang amat misterius baik secara fisik ataupun sifat mereka. Salah satunya adalah makhluk mitologi. Keberadaan makhluk mitologi sendiri memiliki kaitan yang amat erat sekali dengan asal usul suatu daerah.

Namun ternyata, makhluk mitologi tidak hanya beredar dari mulut ke mulut saja. Namun hampir dalam setiap agama juga sering menceritakan keberadaan makhluk-makhluk misterius tersebut. Salah satunya adalah Islam, makhluk mitologi ternyata juga kerap disebutkan beberapa kali dalam kitab suci dan dalam beberapa hadist.

Namun, dalam ajaran Islam, keberadaan makhluk mitologi tersebut cenderung di kaitkan dengan akidah kita sebagai manusia serta harus di imani secara keyakinan. Penasaran? berikut adalah makhluk mitologi yang di ceritakan dalam kitab suci islam.

1. Buraq




Dalam kamus bahasa, Buraq adalah hewan tunggangan / kendaraan Muhammad SAW yang memiliki bentuk kuda bersayap. Makhluk ini diyakini oleh Allah SWT dari cahaya atau kilat.

Dalam islam, Buraq merupakan kendaraan yang digunakan Nabi Muhammad SAW dari Masjid al-Aqsa menuju Mi’raj pada masa Isra Mi’raj. Namun, ada juga yang berpendapat jika Buraq ini di kaitkan dengan burung cenderawasih yang memiliki arti burung dari surga.

2. Ya'juj dan Ma'juj

 

 

Ya'juj dan Ma'juj adalah sebutan bagi bangsa yang akan muncul di akhir zaman yang memiliki kekuatan untuk menghancurkan kehidupan di muka bumi. Kisah makhluk ini diceritakan dalam ajaran Yahudi, Kitab Kejadian umat kristiani, serta di dalam Al-Qur'an.

Meskipun sering di gambarkan / diceritakan dalam kitab suci, namun wujud Ya'juj dan Ma'juj ini masih menjadi misteri. Ada yang berpendapat jika mereka sama seperti manusia, atau sebuah bangsa selain manusia, hingga pendapat jika mereka adalah raksasa.

3. Imam Mahdi




Imam Mahdi merupakan sebutan bagi seseorang yang diyakini adalah muslim yang di utus Allah untuk menghancurkan segala kezaliman yang ada di muka bumi ini sebelum hari kiamat.

Dalam sebuah hadist disebutkan, Imam Mahdi akan memimpin umat muslim setidaknya 7-9 tahun. Selama masa kepemimpinannya, satu persatu kezaliman di muka bumi ini akan takluk di bawah kepemimpinannya.

Oleh karena itulah sebabnya Dajjal akhirnya menampakkan dirinya karena murka serta ingin mengalahkan Imam Mahdi beserta pengikutnya.

4. Dajjal




Dajjal adalah sebutan bagi raja kezaliman di dunia yang akan muncul pada hari kiamat. Dajjal disebut-sebut adalah tokoh kafir yang sangat jahat karena dalam Islam, Dajjal akan membawa fitnah yang amat mengerikan pada akhir zaman nanti.

Nabi Muhammad pernah bersabda dan mengingatkan umat muslim untuk membaca 10 ayat pertama dari Surat Al-Kahfi atau berlindung di Mekkah dan Madinah agar terlindung dari fitnah dajjal.

5. Azazil




Menurut ajaran Islam, azazil adalah makhluk pemimpin syaitan yang berasal dari kalangan jin dan manusia.

 Azazil dahulunya adalah makhluk yang sangat rupawan dan memiliki empat sayap, namun karena melanggar perintah Allah untuk sujud kepada Nabi Adam, akhirnya Allah merubah Azazil berubah menjadi makhluk yang buruk rupa.

Azazil juga di berkati dengan umur yang amat panjang karena janjinya ingin menyesatkan umat manusia sebanyak mungkin untuk menemaninya di neraka kelak.

6. Dabbad Al-Ard




Makhluk ini adalah sebutan bagi hewan buas / monster yang akan muncul ke muka bumi menjelang kiamat nanti serta sebagai salah satu tanda akan datangnya hari kiamat.

Dabbat al-Ard dikabarkan akan muncul di kota Mekkah dekat di gunung Shafa setelah adanya tanda kiamat matahari terbit dari barat. Ia akan muncul dan mampu berbicara dalam bahasa yang sangat fasih serta membawa tongkat Nabi Musa dan cincin Nabi Sulaiman.

0 Response to "Makhluk Mitologi yang Diceritakan Dalam Kitab Suci Islam"

Post a Comment