Fakta Di balik Senyuman Monalisa

Pict : Lukisan Monalisa

Lukisan monalisa adalah sebuah lukisan karya Leonardo Davinci pada abad ke-16. Banyak yang menduga lukisan monalisa mengandung pesan tersembunyi, terutama di dalam senyum misteriusnya. selama kurang lebih 5 abad lebih para ahli berusaha mengemukakan berbagai macam teori hingga saat ini, namun belum ada yang mampu mengungkap secara pasti apa ingin dituangkan sang pelukis pada mahakaryanya tersebut. salah satunya adalah para ilmuwan dari universitas Amsterdam dan Universitas Illinois pada tahun 2005 menyatakan bahwa 83% kebahagiaan, 9% kekejian, 6% rasa takut, 2% rasa marah. cukup membingungkan bukan?

Mengutip dari boldsky, ada tujuh fakta menarik tentang wanita dengan senyum misteri ini, diantaranya:

1. Nama Mona Lisa sebenarnya adalah berasal dari kesalahan ejaan.
Nama asli lukisan itu adalah Monna Lisa. Mona merupakan bentuk singkat dari Madonna ( bahasa Italia ) yang berarti 'Nyonya' , dari sini dapat disimpulkan bahwa Monna( ditulis dengan doubel n) berarti 'Nyonya Lisa'.

2. Siapa sebenarnya wanita dalam lukisan itu masih menjadi misteri.
Beberapa orang percaya itu adalah perempuan Leonardo Da Vinci sendiri.
Keyakinan yang paling populer bahwa wanita itu adalah Lisa Gherardini, 24 tahun, seorang ibu dari dua anak laki-laki.

3. Lukisan ini memiliki ketidaksempurnaan.
Pada 1956, seorang pria bernama Ugo Ungaza melemparkan batu pada lukisan sehingga membuat sedikit kerusakan pada sebelah siku kirinya.

4. Lukisan ini tidak dapat diasuransi karena dianggap tak ternilai .


Pict : Monalisa Tidak mempunyai alis.

5. Mona Lisa Tidak Memiliki Alis
Jika diperhatikan dengan seksama maka nampak bahwa monalisa tidak memiliki rambut alis. Beberapa sejarawan mengatakan bahwa hal itu adalah adat bagi wanita bangsawan untuk mencukur alis mereka pada abad ke-16.


Pict : Kaca anti peluru

6. Lukisan ini disimpan dalam ruang sendiri dan dilapisi kaca anti peluru.
Hal ini dilakukan untuk mencegah perubahan iklim yang tidak menentu yang dapat merusak lukisan dan demi keamanan lukisan tak ternilai ini

7. Senyum itu hanya dapat terjadi bila Monalisa tidak memiliki Gigi
Sebuah riset yang dilakukan dari tahun 1997 hingga 2001 yang dipimpin oleh Dr. Montague Merlic, ahli forensik asal Inggris, mengungkapkan bahwa Monalisa tidak dapat menutup mulutnya dengan benar karena dia 'mungkin' kehilangan giginya. menurutnya, meskipun terlihat seperti tersenyum, namun secara forensik, tidak bisa dikatakan tersenyum. Monalisa hanya tidak dapat menutup mulutnya dengan benar. mereka melakukan riset dengan menggunakan peralatan teknologi mutakhir, yaitu komputer, pencitraan holografis dan tiga dimensi, sehingga dapat diciptakan suatu simulasi susunan kerangka kepala monalisa yang dapat dilihat dari berbagai sudut pandang melalui layar komputer. dengan kata lain, Monalisa sebenarnya ompong.

0 Response to "Fakta Di balik Senyuman Monalisa"

Post a Comment