Mitologi Ghoul Sang Raja Iblis

Pict : Ilustrasi Ghoul

Ghoul adalah salah satu makhluk mitologi dari Arab yang cukup di kenal karena sering digambarkan dalam film-film terutama pada anime. Ghoul sering di gambarkan sebagai makhluk raksasa yang gemar merusak makam dan memangsa mayat yang ada di dalamnya ( Ia juga gemar memangsa jasad yang masih baru di kuburkan) . Konon, Ia menghuni kuburan atau tempat yang tak terjamah oleh manusia. Banyak pula yang menyebutkan bahwa Ghoul bertempat tinggal di sebuah padang gurun yang tak berpenghuni untuk memangsa para pengelana yang menjelajah di tempat tersebut.
Secara harfiah , Ghoul memiliki arti "setan". Dulunya, Ghoul sempat diyakini sebagai bapak dari iblis. Ia juga merupakan salah satu monster yang telah tertulis di dalam Al Quran. Ia juga sering dikatakan sebagai makhluk yang menghuni bawah tanah dan merupakan makhluk yang tahan dengan tempat yang bersuhu tinggi (panas).

Pict : Ilustrasi Ghoul

Menurut mitos masyarakat Arab kuno, Ghoul dapat mengubah wujudnya menjadi berbagai jenis binatang, terutama Hyena. ( Mungkin karena Hyena merupakan karakter yang paling mirip dengan kepribadiannya ).
Dalam Legenda Arab di sebutkan bahwa Ghoul adalah sosok jin yang dapat memikat mangsanya untuk datang ke tempat yang ia kuasai ( terutama gurun pasir yang sepi ). Ghoul memiliki kemampuan untuk memperdaya dengan cara mendatangi korbannya secara langsung karena ia juga mempunyai kemampuan untuk mengubah wujudnya sebagai orang yang pernah ia mangsa sebelumnya. Namun anehnya dia juga gemar mengumpulkan uang koin dari para korbannya ( mungkin menurutnya koin" itu adalah benda yang berkilau baginya ). Dalam perkembangan legendanya, ia merupakan salah satu makhluk mitologi yang paling ditakuti, khususnya bagi mereka yang menghuni kawasan Timur Tengah, Arab.
Namun saat ini, Ghoul sering di kategorikan sebagai zombie atau kanibal karena kegemarannya memangsa mayat. Selain menghuni area perkuburan atau tempat yang tak terjamah, Ghoul juga memangsa manusia yang sedang lengah atau bahkan anak-anak pada saat mereka dekat dengannya. Namun korban yang palinh sering adalah orang yang sedang tersesat dan secara tak sengaja masuk ke area kekuasaannya.

Pict : Ilustrasi Ghoul

Keberaaan Ghoul dimasa lalu membawa sebuah ketakutan tersendiri bagi sebagian besar masyarakat Arab Kuno. Oleh karena itu banyak dari masyarakat Arab kuno dahulu enggan melanjutkan perjalanan dan lebih memilih untuk berkemah secara berkelompok atau beramai-ramai saat malam hari agar terhindar dari serangan Ghoul.

0 Response to "Mitologi Ghoul Sang Raja Iblis"

Post a Comment