Misteri Legenda Siren Makhluk Cantik yang Berbahaya




Siren adalah makhluk mitologi pembunuh yang berparas cantik memangsa para pelaut kemudian membuat kapalnya menjadi karam. Tak seperti manusia, mereka adalah makhluk penghuni lautan.

 Menurut berita yang beredar, mereka tinggal di pulau yang di kelilingi batu karang dan tebing tebing yang tinggi yang bernama pulau “Sirenum Scopulli”.Mereka biasanya memikat para korbannya dengan menyanyikan lagu-lagu yang indah sehingga para pelaut terbuai dan membuat kapalnya menabrak karang dan tenggelam.

Menurut legenda , mereka adalah para putri Akhelous. Mereka adalah teman bermain Persephone (ratu dunia bawah ). Mereka yang bersahabat dengan Persephone adalah putri dari Demeter dan Zeus, serta istri Hades (Sang penguasa dunia bawah).



Di Yunani pada mulanya Siren dilukiskan sebagai burung berkepala besar dengan kaki bersisik, kadang-kadang sebagai bayangan hantu seekor singa. Kemudian, mereka dilukiskan sebagai sosok wanita berkaki burung, dengan atau tanpa sayap, memainkan alat musik, khususnya Harpa. “Suda”, Ensiklopedia abad ke-10, menerangkan bahwa wujud Siren dari dada ke atas menyerupai  Burung Gereja, sedangkan badan bagian bawah adalah wanita, atau kadang-kadang, mereka dilukiskan sebagai burung kecil berwajah wanita. 

Wujud burung dipilih karena kelebihan mereka, yakni suaranya merdu. Kemudian, pada masa-masa berikutnya Siren dilukiskan sebagai wanita cantik, atau bahkan sebagai puteri duyung. Dalam beberapa bahasa (seperti Spanyol, Perancis, Italia, Polandia, atau Portugis) kata yang digunakan untuk merujuk pada puteri duyung adalah “Siren”, “Sirena”, “Syrena”, atau “Sereia” yang membingungkan penerjemahan antara “putri duyung” atau “Siren” (mitologi). Dalam bahasa Inggris, “Siren” tidak selamanya berarti “putri duyung”.

0 Response to "Misteri Legenda Siren Makhluk Cantik yang Berbahaya"

Post a Comment