Misteri Di Balik Lagu Nina Bobo

Nina Bobo


     Lagu nina bobo adalah lagu yang sering dinyanyikan untuk mengantar tidur terlebih bagi anak-anak. saya juga yakin bahwa para pembaca sering mendengar lagu yang indah ini. namun tahukah anda bahwa lagu ini sesungguhnya mempunyai misteri tersendiri dalam sejarahnya?

   Misteri ini di mulai dari zaman saat setelah tibanya Cornelis de Houtmen, seorang berkebangsaan negara Belanda yang tinggal di nusantara beberapa abad lalu. Alkisah ada seorang gadis Belanda yang bernama lengkap Nina Van Mijk. Gadis yang merupakan putri dari komposer sederhana ini menetap di Nusantara karena persaingan yang terlalu ketat di negara asalnya.

       Pada awalnya bisa dibilang kehidupan Nina nampak seperti penduduk pada umumnya seperti bersosialisai hingga mengenal budaya Nusantara. Memang Indah Kelihatannya, tapi semenjak malam mengerikan tersebut , seakan menjadi mimpi mengerikan bagi Nina.

   Malam mengerikan terjadi pada malam badai,petir seakan tak mau berhenti menggelegarkan suaranya. Kemudian Terdengar suara jeritan dari dalam kamar Nina disertai dengan suara vas bunga pecah. Sontak Ayah,  ibu serta para pembantu keluarga Nina langsung menuju kedalam kamar Nina. 
Namun pintu terkunci dari dalam, takut  terjadi sesuatu pada putrinya akhirnya terpaksa pintu didobrak oleh sang ayah Nina. Alangkah terkejutnya mereka melihat keadaan Nina, terlihat diranjang tidur Nina melengkungkan tubuhnya kebelakang disertai teriak jerit kesakitan menggunakan bahasa Belanda. Rambut pirangnya terlihat berantakan kelopak matanya terlihat hitam pekat. Sesungguhnya yang tergeletak di tempat tidur tersebut bukanlah Nina, Itu artinya Nina kerasukan. 

    Seminggu berlalu sejak malam itu, Nina dipasung dalam kamarnya. Tangan dan kakinya diikat dengan seutas tali tambang agar tak membahayakan orang lain. Hari demi hari keadaan Nina semakin memburuk, tubuh mungilnya semakin mengurus serta nampak sangat pucat. Ibu Ninapun selalu menangis melihat keadaan putrinya setiap malam.

     Ayah Ninapun tidak tau apa yang harus dilakukannya menyikapi kejadian seperti ini. Merasa putus asa akan keadaan anaknya, ayah Nina kembali ke Belanda sendirian dengan meninggalkan anak serta istrinya di Nusantara . Para pembantu rumah juga pergi meninggalkan mereka karena takut. Sekarang tinggalah Nina yang terpasung sendirian beserta ibunya di rumah besar yang kian tak terurus.

    Pada suatu malam badai berikutnya, namun malam itu berbeda dengan malam sebelumnya, malam itu tidak lagi terdengar suara jeritan Nina. Kamarnya terdengar begitu hening.


    Ibu Nina sekarang tak hanya merasa takut, perasaannya bercampur aduk.  senang juga takut. Senang apabila putri kesayangannya sudah sembuh, juga takut apabila ternyata putrinya sudah...................……………………..meninggal.

    Ibu Nina akhirnya memutuskan untuk mengintip dari lubang pintu kamar Nina, ternyata Nina duduk dengan diatas ranjangnya. Tak berkata apa - apa, tapi kemudian dia terlihat menangis. Kemudian Ibu Nina masuk ke kamar Nina seraya memutuskan tali tambang yang membelenggunya. Sambil menangis tersendu-sendu Nina berkata "Ibu..... aku takut sekali...." 
Lalu ibunya menjawabnya "Tak apa-apa nak, Ibu disini untuk menemaninu". Ayo Nina makan bersama ibu" , "Aku tak lapar bu, tapi boleh aku minta sesuatu dari ibu?"
"Apapun nak.....! apapun.......!!" "Aku ngantuk bu, rasanya aku sangat ingin tidur pulas.Dapatkah ibu menyanyikan lagu pengantar tidur bu?" minta Nina, Ibu nina terlihat diam,namun ibu Nina mencoba tersenyum sambil berkata "Iya nak, ibu akan menyanyikan sebuah lagu untukmu " . Saya juga yakin bahwa anda sudah mengetahui lagu apa yang  hendak dinyanyikan Ibu Nina. yup benar sekali lagu Nina Bobo. 

    Setelah lagu tersebut dilantunkan, Nina tertidur pulas dipangkuan ibunya, wajah cerianya telah kembali. Kini Ibu nina bisa bernafas afas lega, melihat putrinya telah tertidur sangat pulas. Tapi........ Nampak tak ada gerakan sedikit pun, nafasnya mulai tak terdengar, denyut jantungnya berhenti. Sekarang Nina telah tidur sangat lelap untuk selama-lamanya dengan sebait lagu ciptaan ibunya untuk pengantar kepergian Nina.

    Konon ketika anda menyenandungkan lagu ini terlebih sebagai pengantar tidur untuk anak-anak, tepat setelah anda meninggalkan anak anda, Nina akan mendatangi kamar anak anda dan anak anda akan telelap selamanya dengan lagu tersebut.

2 Responses to "Misteri Di Balik Lagu Nina Bobo"